Friday, May 27

Sejarah dan Filosofi Batik Mega Mendung yang Sangat Dalam

 

Sejarah dan Filosofi Batik Mega Mendung yang Sangat DalamBagi masyarakat Cirebon mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis batik ini. Batik mega mendung memang terkenal memiliki desain menawan. Tak heran banyak orang berbondong-bondong membelinya. Namun, di sisi lain juga terdapat sejarah serta filosofi sangat dalam sehingga sangat menarik dipelajari. Jadi, apabila Anda ingin mempelajarinya lebih dalam, silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Sejarah Batik Mega Mendung

Mengetahui sejarah dari motif ini memang akan sangat menarik, terutama bagi yang bergerak di dunia fashion & beauty. Pasalnya, dengan pengetahuan ini, baik itu desainer maupun penggunanya akan merasakan energi berbeda ketika sudah memahami betul sejarahnya.

Dari beberapa literatur yang ada, Mega Mendung selalu berkaitan dengan datangnya bangsa Cina ke Cirebon. Dampaknya, banyak sekali barang-barang dibawa dari negeri tersebut dan mayoritas memiliki motif seperti bentuk awan. Awan ini merupakan simbol kebebasan serta ketuhanan.

Karena dinilai mempunyai makna yang sangat baik, para pembatik kemudian menerapkannya pada karya seni ini. Namun, tentu saja masih ada beberapa sentuhan khas daerah Cirebon. Jadi, terdapat perbedaan antara megamendung Cina dengan Cirebon, yakni adanya garis awan, segitiga, serta bentuk lancip.

Filosofi Batik Motif Mega Mendung

  1. Kebebasan seperti awan

Jika melihat dari bentuknya dengan gambar utama berupa awan, ini menyiratkan makna kebebasan seperti awan di langit. Awan memang seperti bisa bergerak bebas tanpa halangan apapun. Di sisi lain, kerapnya penggunaan warna biru ini menyimbolkan sebagai langit luas dan tenang. Warna biru juga menggambarkan kehidupan serta kesuburan sehingga awan ini mampu memberikan kehidupan pada seluruh makhluk hidup.

  1. Arti ketenangan

Warna biru memang identik dengan arti ketenangan. Tak heran bagi siapa saja yang memakai batik ini akan terlihat tenang serta berwibawa. Jadi, jika Anda sedang ingin mengunjungi acara bersifat formal namun ingin mengenakan pakaian batik, cobalah menggunakan motif tersebut. Hal ini akan membuat Anda tampak berwibawa sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Menahan amarah

Jika berbicara mengenai ketenangan, artinya ada satu hal buruk yang dihindari, yakni amarah. Manusia memang kerap diselimuti amarah sehingga tidak bisa berpikir secara jernih. Mega mendung seperti mencoba melambangkan bahwa setiap manusia harus bisa menahan amarah mereka, terlepas dari berbagai masalah dihadapi. Inilah kenapa motifnya disebut megamendung, yakni mega berarti awan serta mendung berarti cuaca sejuk.

  1. Memiliki banyak komposisi warna

Jika diperhatikan, motif ini selalu menggunakan banyak komposisi warna dengan fondasi utama warna biru dan merah. Biasanya para pembatik menggunakan warna tambahan seperti cokelat, ungu, orange, hitam, putih, serta hijau. Akan tetapi, pada dasarnya semua tetap tergantung pada selera masing-masing.

Jadi, sebagai masyarakat Cirebon ataupun warga Indonesia memang harus bersyukur karena memiliki hasil budaya seperti batik mega mendung. Tugas dari generasi muda adalah menjaga agar kesenian tersebut tetap bisa eksis di tengah ramainya persaingan fashion era modern.

shares