Wednesday, April 21

Mau Beli Mesin Kopi Otomatis? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dahulu

Mesin Kopi OtomatisHarga mesin kopi yang cukup mahal dan merupakan sebuah investasi bagi usaha Anda membuat pembelian peralatan ini perlu dipertimbangkan dengan baik. Industri kopi yang semakin berkembang memang menjanjikan keuntungan bagi para pengusaha. Apabila ingin membuka atau memulai usaha ini, mesin kopi merupakan hal yang penting dimiliki. Terutama jika Anda ingin bergelut di bidang kedai atau coffee shop.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mesin Kopi

Sebab Anda harus memilih mesin yang benar-benar dapat memenuhi semua kebutuhan untuk usaha, maka pertimbangan matang perlu dilakukan sebelum melakukan pembelian. Cek yang berikut ini sebelum memutuskan beli mesin kopi:

1.     Tipe Boiler

Seberapa besar usaha kedai kopi yang ingin Anda bangun pada permulaan? Dan apakah kedai Anda berorientasi pada penikmat kopi atau justru lebih mengandalkan dekorasi dan makanan yang disajikan? Apabila orientasinya adalah penikmat kopi, maka beli mesin dengan dual boiler dan heat exchanger.

 Sebab jenis mesin seperti ini dapat mempermudah, mempercepat, dan memberikan hasil kerja lebih banyak. Namun, apabila orientasi utama bukan untuk menyediakan minuman kopi, maka beli mesin single boiler saja.

2.     Ukuran Mesin

Harga mesin kopi dengan fitur 3 atau 4 grup tidaklah murah, meskipun mesin ini terlihat sangat keren dan membuat konsumen akan merasa kedai Anda lebih wow. Jenis mesin seperti ini sangat cocok untuk jenis coffee shop yang punya banyak pelanggan.

Jika Anda adalah pengusaha baru dengan kafe yang baru buka, tentunya pelanggannya belum banyak. Jadi, sebagai permulaan beli saja mesin dengan fitur dua grup. Tampilan mesin ini juga oke dan memperlihatkan bahwa kedai Anda memang menyediakan apa yang konsumen inginkan.

3.     Kemampuan Mesin Melakukan Brewing

Setiap mesin memiliki kemampuan berbeda dalam proses brewing. Ada mesin yang bisa menjaga konsistensi suhu dan ada yang sebaliknya. Anda perlu memilih mesin yang telah dilengkapi dengan fitur Proportional integral Derivative atau PID, sebab dapat membantu mengatur suhu air dalam boiler.

Dengan stabilitas suhu air, pembuatan espresso atau jenis kopi lainnya akan memberikan hasil dengan kualitas terjaga. Jadi, cek dahulu ada tidaknya fitur PID di mesin pilihan Anda.

4.     Group-Head

Anda perlu mencari mesin dengan desain group-head yang mampu menjaga suhu agar tidak terlalu panas dan membuat sirkulasi air konstan. Pasalnya, rasa kopi yang dihasilkan akan terpengaruh dari sirkulasi dan stabilitas group-head.

5.     Desainnya

Nah, kedai kopi bukan hanya sekadar menyiapkan secangkir kopi nikmat saja, tapi perlu didukung dengan desain interior kafe yang memikat. Eits, bukan hanya desain interior perlu diperhatikan, tapi juga desain mesin kopinya. Terutama Anda harus mencari mesin dengan desain keren yang bisa memikat konsumen.

Beberapa hal di atas bisa jadi pertimbangan Anda dalam membeli sebuah mesin kopi otomatis untuk usaha. Ingat, harga mesin kopi yang cukup mahal harus dibarengi dengan pilihan matang. Agar dana yang dikeluarkan benar-benar sepadan.

shares