Wednesday, April 21

Kolaborasi Nestle dalam Pembangunan Pedesaan dengan Petani Lokal

Kolaborasi Nestle dalam Pembangunan Pedesaan dengan Petani Lokal

Sudah sekitar 50 tahun lebih Nestlé telah membantu masyarakat mencapai kesehatan dengan memberikan produk-produk berkualitas. Beberapa contoh produk yang mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat adalah Dancow, Nutren, Milo, Kitkat, NESCAFÉ, Peptamen, Carnation, Bear Brand, dan masih banyak lagi. Menariknya, semua produk tersebut turut andil dalam program pembangunan pedesaan dan pengembangan pertanian.

Berbicara tentang pembangunan desa, mungkin hal yang sering dipikirkan banyak orang adalah sebuah program pemerintah berupa pelatihan dan pemberdayaan masyarakat serta membangun beberapa fasilitas-fasilitas produksi. Namun, program pembangunan desa yang dicanangkan oleh Nestlé memiliki sudut pandang lain dan cukup menarik untuk dibahas.

Program Creating Shared Value dari Nestlé

Creating Shared Value atau CSV merupakan program menarik yang dilakukan oleh Nestlé untuk membantu memberdayakan para petani lokal, baik itu petani kopi maupun peternak sapi. Prinsip program ini adalah menciptakan manfaat bersama dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat dan sekaligus untuk perusahaan. Lalu, apa saja wujud dari program CSV ini?

  1. Program peningkatan gizi dan kesehatan

Program ini diwujudkan dengan pembinaan gaya hidup bersih dan sehat serta pentingnya untuk menjaga asupan gizi guna menciptakan penerus bangsa yang berkualitas. Lewat berbagai sekolah, peluang terbuka lebar untuk bisa menjangkau banyak siswa dan program peningkatan gizi ini bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan tepat sasaran. Usia sekolah adalah prioritas dari program ini.

  1. Pelestarian air dan lingkungan hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketersediaan air bersih sangat vital dalam berbagai aspek seperti mengurangi kasus kemiskinan dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Di beberapa lokasi ketersediaan air bersih ini bisa dikatakan kurang dan masih membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, Nestlé bekerja sama dengan PMI untuk proyek ini untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih.

  1. Pembangunan pedesaan dan pengembangan pertanian

Dari ketiga perwujudan program CSV di atas, mungkin yang satu ini adalah yang cukup menarik untuk dibahas. Konsep dari program ini adalah membangun kerja sama antara petani lokal dan perusahaan dengan menjadikan petani sebagai pemasok utama dari produk Nestlé. Petani kopi dan peternak sapi adalah beberapa contoh dari pemasok tersebut.

Bukan hanya diminta untuk menjadi pemasok saja, namun petani ini juga diberikan binaan sehingga kualitas dan mutu bisa terjaga. Hal ini tentu sangat baik karena petani lokal memiliki apresiasi lebih layak dengan menjadi pemasok utama. Kolaborasi antara industri dan lingkungan pedesaan benar-benar menjadi fondasi kuat dalam perwujudan program ini.

Hingga sampai saat ini program CSV dari Nestlé ini masih berlanjut dan terus berkembang. Inovasi menarik ini mungkin bisa menjadi contoh untuk perusahaan-perusahaan lain, khususnya terkait dengan pemberdayaan masyarakat di era industri.

shares